Otomotif

Toyota Optimis Penjualan Tumbuh 2-4 Persen Tahun Depan Pasar di Semester II 2019 Bergairah

Penjualan kendaraaan roda empat di semester II 2019 yang menunjukkan tren membaik, diyakini akan memberikan gairah baru bagi penjualan kendaraan roda empat Toyota di 2020 mendatang. Karenanya, Toyota yakin penjualannya akan tetap tumbuh antara 2 sampai 4 persen di 2020. "Market akan tumbuh 2 4 persen, memang kecil. Tapi karena ekspetasi dari semester II yang lebih bagus dari semester I. Market share tumbuh diharapkan sama seperti di 2019, yakni 34 persen," ujar VIce President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto di acara Year End Media Gathering 2019 di kawasan SCBD Jakarta, Kamis (12/12/2019) malam.

Henry Tanoto menjelaskan, sepanjang 2019 sejumlah model kendaraan Toyota membukukan kenaikan penjualan. Hal itu membuat pangsa pasar Toyota di industri otomotif nasional naik 1,5 persen jika dibandingkan pencapaian di 2018 lalu menjadi 32 persen di 2019. "Ada peningkatan (market share) 1,5 persen menjadi kurang lebih 32 persen," ungkapnya. Henry menjelaskan, pencapaian market share 32 persen di 2019 ini melampaui proyeksi atau target market share yang dipasang Toyota di awal tahun.

"Saat ditanya waktu itu, saya bilang minimum sama dengan 2018, yakni sekitar 30,8 persen. Jadi 2019 ini kita tutup dengan 32 persen market share," bebernya. Henry menjabarkan, ada sejumlah model kendaraan Toyota yang menjadi kontributor kuat kenaikan market share di 2019 ini. Diantaranya dari model low MPV Toyota Avanza. Avanza versi facelift di awal 2019 terbukti mendapat sambutan baik konsumen.

Hal ini membuat pangsa pasar Avanza di segmen low MPV di Indonesia melonjak tajam dari 28 persen menjadi 34 persen di tengah munculnya kompetitor di segmen ini. Salah satu kunci suksesnya menurut Henry Tanoto adalah pada strategi harga jual Avanza yang menurutnya membuat MPV 7 seater ini dianggap rasional oleh konsumen. Faktor penentu lainnya adalah ubahan model dengan minor change membuat Avanza baru tampil menjadi lebih fresh dan stylish. Kontributor penjualan Toyota lainnya yang membuat market share di 2019 naik adalah peluncuran low SUV Toyota Rush yang sepenuhnya ganti model.

Market share Rush di segmen ini melompat menjadi 54 persen dari sebelumnya 42 persen. Penulis: Choirul Arifin

Ini Perbedaan Isuzu Traga yang Diekspor menuju Filipina dengan yang Dijual di Pasar Domestik

Previous article

Psikolog Keluarga Tanggapi Gerak Refleks Istri Ruben Onsu Viral Betrand Peto Sentuh Dada Sarwendah

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *