Seleb

Ternyata Sumbangan Rp16 M Bodong Jadi Tamu Kehormatan PMI Sultan Jember Tak Hanya Tipu Ashanty

Pria pria yang dijuluki sebagai ' Sultan Jember' tak hanya menipu penyanyi Ashanty. Banyak korban lain, tak hanya perserorangan juga lembaga. Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember ternyata juga pernah ditipu oleh Kasus penipuan yang dilakukan 'Sultan Jember' hangat diperbincangkan setelah penyanyi Ashanty curhat nyaris ditipu saat menjual rumahnya yang berada di kawasan Cinere.

Ternyata, PMI Jember pernah ditipu pasangan suami istri yang mengaku berinisial HW dan RHN itu. Mereka memberikan sumbangan sebesar Rp 16 miliar. "Hingga saat ini, bantuan dana tersebut bodong," kata Ketua PMI Jember Zaenal Marzuki seperti dikutip dari artikrl Kompas.com dengan judul " Humas PMI Jember Ghufron Eviyan Efendi menjelaskan kronologi penipuan yang dilakukan pasangan suami istri itu.

Awalnya, pasangan suami istri itu mendatangi Markas PMI Jember di Jalan Jawa pada pertengahan Oktober 2019. Kedatangan mereka untuk memberikan sumbangan dana sebesar Rp 16 miliar kepada PMI Jember. Dana itu rencananya dipakai untuk pengembangan organisasi dan pembangunan rumah sakit emergency PMI Jember.

Kepada pengurus PMI Jember, pasutri itu mengaku sebagai pengusaha tambang di Papua. Mereka juga mengaku memiliki 300 hotel berkelas di berbagai negara. 'Sultan Jember' ini juga menyebut bakal membangun sebuah hotel mewah di Kabupaten Jember. Setelah pertemuan itu, pengurus PMI Jember intens berkomnunikasi melalui telepon dengan pasangan suami istri itu.

Sekitar beberapa bulan berlalu, pasangan suami istri itu sepakat menyerahkan bantuan secara simbolis terlebih dulu kepada PMI Jember. Penyerahan bantuan secara simbolis itu dilakukan saat acara dialog nasional PMI, dalam rangka ulang tahun ke 14 relawan dan ulang tahun ke 74 PMI pada Jumat (6/12/2019). Acara itu digelar di Gedung Pendopo Wahyawibawagraha Jember.

Penyerahan donasi secara simbolis itu diikuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dana hibah antara PMI Jember sebagai penerima dan dengan PT DEC sebagai pemberi bantuan dana. "MoU tersebut disaksikan oleh Bupati Jember Faida dan Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo S," kata Ghufron. "Sultan Jember" jadi tamu istimewa

Keesokan harinya, Sultan Jember dan istrinya menjadi tamu istimewa dalam upacara peringatan Hari Sukarelawan PMI tingkat Jawa Timur di Alun alun Jember. Keduanya terlihat gembira dalam rangkaian upacara tersebut. Mereka menikmati setiap pertunjukan yang diperagakan dalam upacara tersebut. "Setelah kegiatan tersebut, PMI masih berkomunikasi hingga Februari 2020," kata Ghufron.

Bahkan, pasangan suami istri itu sempat meminta gambar bangunan klinik dan rumah sakit yang hendak dibangun. Setelah diberikan, PMI tak terlalu intens berkomunikasi karena sibuk menangani pandemi Covid 19. Namun dari semua rangkaian kegiatan dan janji tersebut, ternyata donasi senilai Rp 16 miliar hanya janji palsu. PMI tidak menyangka pasangan suami istri itu membohongi mereka.

Meski merasa ditipu, Ghufron mengaku, PMI Jember tak melaporkan kasus ini kepada polisi. Sebab, mereka tak merasa dirugikan dengan tindakan pasangan suami istri itu. "PMI tidak melaporkan karena dinilai tidak merugikan. Namun, karena ada banyak pertanyaan dari warga, akhirnya PMI memberikan penjelasan terkait donasi tersebut," kata Ghufron. Penyanyi Ashanty mengungkapkan bahwa calon pembeli rumahnya di Cinere yang sempat disebut Sultan Jember ternyata adalah penipu.

Ashanty juga menyinggung soal sumbangan PMI ini dalam instagramnya. "ada link di media2 online kalau mereka abis kasih sumbangan 200m melalui PMI jember (ternyata sampe sekarang ngga ada atau hoax," jelas Ashanty. Suami istri yang mengaku berasal dari Jember, Jawa Timur tersebut menawar rumah pasangan Ashanty dan Anang Hermansyah tanpa menawar.

Namun ternyata, Ashanty baru mengetahui dari pemberitahuan netizen di media sosial bahwa pasangan tersebut adalah penipu. Hal ini diungkapkannya dalam unggahan instastory di instagram pribadinya, @ashanty_ash, Jumat (17/7/2020). Dalam rekaman video tersebut, Ashanty menuturkan bahwa dirinya merasa terkejut setelah mengetahui bahwa calon pembeli rumahnya tersebut adalah penipu.

Ashanty pun meminta pada pasangan calon pembeli yang diketahui bernama H.Haduri Wijaya Bin Hj.Mustofa dan Rita Hapsari Ningtyas untuk memberi keterangan. Ia juga menyebutkan bahwa penipuan dengan modus berpura pura membeli aset hingga milyaran rupiah tersebut telah menelan banyak korban. "Aku juga masih shock banget, masih kaget banget terima dm dm kalian semua, terima link tadi," kata Ashanty.

"Dan aku juga udah share bahwa banyak banget korbannya," imbuhnya. Ashanty bersyukur dirinya belum sempat menjadi korban penipuan tersebut, padahal mereka sudah sempat membuat surat jual beli disaksikan notaris.

Gratis Pukul 23.30 WIB Kualifikasi MotoGP Spanyol Sirkuit Jerez Spanyol Live Streaming Trans 7

Previous article

Nikita Mirzani Umbar Bukti Transfer Uang & Bangun Masjid Singgung Baim Wong Kerap Pamer Pencitraan

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *