Mpr-ri

Saatnya Masyarakat jadi Garda Terdepan Penanggulangan Covid-19

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menegaskan sudah saatnya masyarakat jadi garda terdepan penanggulangan Covid 19 dengan mematuhi protokol kesehatan sepanjang aktivitas yang dilakukan. "Dibukanya kantor dan rumah makan akan menyebabkan peningkatan aktivitas masyarakat di ruang publik. Inilah saatnya masyarakat berperan sebagai garda terdepan dalam penanggulangan Covid 19 dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Lestari yang akrab disapa Rerie dalam keterangannya, Senin (8/6). Penegasan itu disampaikan Lestari menyikapi hari pertama pembukaan perkantoran dan rumah makan, serta peningkatan aktivitas masyarakat di DKI Jakarta setelah dimulainya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi akhir pekan lalu.

Pada praktiknya, jelas Rerie, di hari pertama masuk kerja pascadiumumkannya masa PSBB transisi di DKI Jakarta, terjadi penumpukan penumpang di sejumlah stasiun keberangkatan commuter line. Para karyawan yang bersiap masuk kantor di Jakarta itu, tambah Rerie, banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan, seperti tidak tertib menjaga jarak saat antre. Sehingga menimbulkan kerumunan. "Dengan jarak yang relatif dekat antarorang potensi penularan juga semakin tinggi," ungkapnya. Petugas penegakan disiplin, menurut Rerie, harus segera memberikan pemahaman secara intensif dengan pendekatan humanistis, agar masyarakat taat melaksanakan protokol kesehatan di area publik. "New normal itu bukan berarti kita kembali normal seperti dahulu, tetapi lebih pada penerapan kebiasaan baru," ujarnya.

Penanaman kebiasaan baru yang mengedepankan kebersihan dan menjaga jarak di ruang publik, tambah Rerie, harus dilakukan sejak dini agar menjadi budaya saat beraktivitas. Di masa PSBB transisi di DKI Jakarta, Rerie berpendapat, seharusnya pemerintah daerah bisa memastikan warga yang beraktivitas di ruang publik sudah menjalani test swab dengan hasil test negatif. Teknis pelaksanaan test itu, tambahnya, bisa dilakukan dengan bekerjasama sejumlah pihak, agar jumlah masyarakat yang sudah di test swab meningkat tajam. Dengan peningkatan aktivitas karyawan saat perkantoran dibuka, menurut Legislator NasDem itu, sudah sewajarnya pihak perusahaan memfasilitasi test swab untuk memastikan para karyawannya bersih dari paparan Covid 19.

Sehingga, tambahnya, ketika para pekerja itu beraktivitas di ruang publik setidaknya mengurangi kekhawatiran menjadi pembawa virus.

Twitter & Facebook Hapus Video Donald Trump tentang George Floyd Dikomplain

Previous article

Waspada Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Perairan Selatan Banten Rabu 10 Juni 2020 BMKG

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *