Nasional

Puan Ingatkan Pemerintah Ancaman Pandemi Covid-19 Terhadap Keselematan & Ekonomi Rakyat

Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan pemerintah bahwa pandemi covid 19 mengancam keselamatan rakyat dan perekonomian negara. Hal itu disampaikannya dalam Sidang Tahunan MPR bersama DPR dan DPD, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). "Saat ini, kita bersama sedang mengatasi penanganan Pandemi Covid 19, yang telah berdampak luas terhadap seluruh sendi kehidupan rakyat dan penyelenggaraan negara," kata Puan.

"Pandemi tersebut memberikan ancaman yang sangat serius terhadap keselamatan rakyat, perekonomian negara dan rumah tangga, serta kesejahteraan rakyat," imbuhnya. Puan menjelaskan, sampai dengan tanggal 13 Agustus 2020, terdapat 127.083 Kasus covid 19 yang tersebar di 34 provinsi dan 480 Kabupaten/kota dengan jumlah yang dinyatakan sembuh sebanyak 82.236 orang dan jumlah yang meninggal dunia mencapai 5.765 jiwa. Dari sisi ekonomi, pandemi covid 19 berdampak pertumbuhan ekonomi nasional yang mengalami kontraksi. Pada kuartal kedua tahun 2020 ini, pertumbuhan ekonomi berkontraksi hingga minus 5,32 persen (year on year).

Semua sektor dan lapangan usaha rakyat terganggu sehingga mengakibatkan berkurangnya pendapatan, meningkatnya pengangguran, meningkatnya angka kemiskinan dan menurunnya derajat kesejahteraan rakyat secara luas. "Menghadapi kondisi bencana non alam yang luar biasa ini, diperlukan kehadiran Negara untuk menyelamatkan rakyat dari ancaman krisis kesehatan, ancaman krisis ekonomi, dan ancaman krisis kesejahteraan dengan melakukan upaya upaya luar biasa, melalui serangkaian kebijakan, dan program penaggulangan covid 19 dan dampaknya," ujar Puan.

Perasaan Sedih Ibu Setelah Melahirkan TRIBUNNEWSWIKI – Mengenal Depresi Postpartum

Previous article

Palestina Kutuk Kesepakatan Tersebut UEA Normalisasi Hubungan dengan Israel

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *