Kesehatan

Pentingnya Mengetahui Gejala Kelainan Tulang Belakang Secara Tepat

Spinal disorder atau yang biasa disebut dengan kelainan pada tulang belakang adalah suatu kondisi yang bisa mempengaruhi posisi/kelengkungan posisi susunan vertebrata. Sehingga Anda harus segera mengetahui cirinya-cirinya lebih cepat, agar dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat di  klinik tulang belakang terbaik. Ini karena sejumlah cedera atau kondisi dapat mempengaruhi tulang belakang, yang akan menimbulkan kerusakan dan rasa nyeri kemudian berefek membatasi mobilitas tubuh.  

5 Jenis dan Cara Mengetahui Kelainan Vertebrata (Tulang Belakang)

  • Jenis-Jenis Kelainan

Sebelum mengetahui tanda-tanda kelainan pada tulang belakang, Anda sebaiknya tahu beberapa jenis kelainannya terlebih dahulu, yakni:

  • Kifosis

Kifosis merupakan suatu kondisi kelainan tulang belakang bagian punggung atas membulat secara berlebihan ke depan.

  • Lordosis

Lordosis merupakan kelainan vertebrata yang mengalami kelengkungan di punggung bagian bawahnya secara berlebihan.

  • Skoliosis

Skoliosis adalah kondisi vertebrata atau tulang belakang yang melengkung ke samping secara berlebihan.

  • Spondylolisthesis

Spondilolistesis adalah suatu kelainan berupa tulang belakang mengalami bergeser dari posis semula, dikarenakan terdapat fraktur stres secara terus-menerus.

  • Spondylosis

Spondilosis merupakan kondisi tulang belakang mengalami degenerasi dan mempengaruhi bantalan tulang, sendi, serta tulang belakang tersebut.

  1. Gejala dan Tanda-tanda yang Harus Diketahui

Kelainan pada tulang belakang terdiri atas beberapa jenis seperti yang sudah disebutkan di atas. Sehingga, gejalanya pun bisa berbeda-beda sesuai dengan jenis kelainannya tersebut. Adapun beberapa gejala maupun tandanya di antaranya sebagai berikut:

  • Pada penderita kifosis, punggung mungkin akan sering merasakan nyeri. Tanda lainnya yaitu postur tubuh berubah menjadi membungkuk dan tulang punggung mengalami kekakuan, karena akibat dari tulang melengkung yang tidak normal.
  • Penderita lordosis akan mempunyai perut lebih maju ke depan dan bokong yang terlihat menonjol lebih jauh ke arah belakang. Kemudian bagian punggung akan sulit menempel di atas tempat tidur/lantai saat berbaring secara terlentang.

Gejala lain yang mungkin menyertai dan dapat Anda rasakan yaitu kesemutan, nyeri, mati rasa, kelemahan pada salah satu atau kedua kaki kemudian disertai dengan sesuatu permasalahan kandung kemih.

  • Skoliosis mempunyai tanda-tanda atau gejala pinggang dan bahu tidak rata, serta salah satu tulang belikatnya terlihat lebih menonjol daripada lainnya. Apabila lengkungan tersebut kondisinya cukup parah, tulang belakang akan membentuk suatu huruf berupa S.  Sehingga hal itu akan menyebabkan tulang rusuk pada satu sisi tubuh Anda akan terlihat lebih menonjol.
  • Penderita spondilosis pada umumnya akan merasakan gejala seperti otot di sekitar punggung terasa tegang. Rasa tidak nyaman tersebut dapat menyebar sampai dengan ke daerah paha belakang dan bokong. Gejala ini dapat semakin memburuk saat melakukan aktivitas.
  • Spondilolistesis akan menimbulkan suatu gejala berupa punggung terasa nyeri yang disertai mati rasa dan kaku sampai ke kaki. Orang dengan kondisi seperti ini juga dapat mengalami lordosis serta kifosis.

Setelah mengetahui macam dan tanda-tanda seseorang mengalami kelainan pada tulang belakangnya secara tepat dan cepat, Anda dapat segera melakukan tindakan berikutnya. 

Cara Mengatasi Nyeri Menstruasi Tak Tertahankan Dengan Efektif

Previous article

Tips dalam Memilih Kaos Polo

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *