Bisnis

Penerbangan Batik Air Jakarta-Bali Stop Sementara karena Dihukum Kemenhub

Maskapai penerbangan Lion Air Group mendapat sanksi pembekuan izin penerbangan di rute Jakarta Denpasar, Bali akibat pelanggaran terhadap protokol pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid 19). Hasilnya, penerbangan di rute Jakarta Denpasar berhenti sementara, baik untuk pesawat Batik Air maupun Lion Air. Hasil investigasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan operator penerbangan itu melanggar Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 18 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID 19).

Pelanggaran Lion Air Group adalah pada penerbangan Batik AirID 6506 Soekarno Hatta – Denpasar, Kamis 15 Mein 2020dengan jadwal keberangkatan 08.00 WIB. Pesawat tersebutmenerbangkan enam tamu bisnis dan 100 tamu kelas ekonomi. Pada penerbangan khusus dalam periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB), pesawat Lion Air Group hanya bisa mengangkut paling banyak 90 penumpang. “Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh inspektur kami, terdapat pelanggaran berkaitan denganphysical distancingyang dilakukan oleh operator angkutan udara dan operator bandar udara,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati dalam keterangan tertulis, Selasa (19/5/2020).

Menurut Adita, operator angkutan udara melanggar ketentuan yang tertera pada pasal 14 poin b mengenai pembatasan jumlah penumpang paling banyak 50% dari jumlah kapasitas tempat duduk dengan penerapan jaga jarak fisik (physical distancing). Dia mengatakan, operator angkutan udara yang terbukti melanggar ketentuan tersebut diberikan sanksi berupa pembekuan izin di rute rute penerbangannya. Alhasil, Batik Air tidak lagi melayani penerbangan rute Jakarta Denpasar atau sebaliknya untuk sementara waktu.

Berdasarkan situs resmi Batik Air, perusahaan tidak lagi melayani pemesanan dan penjualan tiket sejak tanggal 23 hingga 25 Mei 2020. Batik Air kembali melayani pemesanan tiket penerbangan rute Jakarta Denpasar atau sebaliknya mulai 26 Mei 2020 dengan harga mulai dari Rp 1,18 juta per kursi.

Beli Cheese Burger Hanya Rp 10 Ribu Burger King Promo King Of The Week dari Harga Rp 5 Ribu

Previous article

Donald Trump Minum Obat Malaria Setiap Hari Yakin Dapat Obati Covid-19

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *