Nasional

Orang Tua Berhak tidak Mengizinkan Anaknya buat Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Jumeri mengatakan siswa tetap mendapatkan pembelajaran meski tidak diizinkan orang tuanya untuk ke sekolah. Menurut Jumeri, orang tua berhak tidak memberikan izin anaknya untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. "Mereka boleh tidak mengizinkan anaknya bersekolah dan mereka dilayani dengan pembelajaran jarak jauh," kata Jumeri dalam webinar yang disiarkan channel Youtube MNC Trijaya, Rabu (12/8/2020).

Jumeri menegaskan izin orang tua adalah persyaratan utama untuk pembelajaran tatap muka di zona hijau dan kuning. Dia menilai orang tua lebih mengetahui kondisi anaknya. Sejumlah aspek dapat dipertimbangkan orang tua dalam menentukan sistem pembelajaran anaknya di tengah pandemi Covid 19 ini. "Jadi ini bukan paksaan membuka kelas ini. Itu hak prerogatif orang tua yang terakhir. Orang tua lah yang paling tahu karakter putranya," tutur Jumeri.

"Orang tua tahu dia ada di daerah mana. Kemudian ketika berangkat ke sekolah melewati jalan bagaimana. Kemudian apakah bisa mengantar atau tidak. Dia memakai transportasi umum atau tidak. Ini menentukan," tambah Jumeri. Seperti diketahui, pemerintah akhirnya mengizinkan sekolah yang masuk wilayah zona kuning melakukan pembelajaran tatap muka. Aturan ini dikeluarkan setelah pemerintah merevisi Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Baru dan Tahun Akademi Baru di Masa Pandemi Covid 19.

"Kita akan merevisi surat keputusan bersama (SKB) untuk memperbolehkan bukan memaksakan pembelajaran tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim saat konferensi pers melalui daring, Jumat (7/8/2020). "Perluasan pembelajaran tatap muka untuk zona kuning. Tadinya hanya zona hijau sekarang ke zona kuning," tambah Nadiem.

Aku Selalu Bahagia Chord Utopia – Hujan dengan Kunci Gitar Mudah dari G Beserta Lirik

Previous article

Merasa Kesal Dihamili Tanpa Tanggung Jawab Sekretaris Bunuh Bosnya setelah Santetnya Tak Mempan

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *