Techno

Momentum PR Ambil Peran Lebih Besar Transformasi Digital di Pandemi Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Platte menjadi satu di antara keynote speaker dalam diskusi webinar dan awarding virtual buat insan PR yang dihelat Iconomics, Kamis (14/5/2020). Dalam pemaparannya, Menkominfo menilai momentum ini merupakan saatnya di mana kehumasan mengambil peran yang besar pada saat dunia bergerak dan beranjak dari dunia fisik menuju dunia digital. "Era baru dimana transformasi digital harus bisa kita lakukan dengan cepat, harus bisa kita lakukan dengan baik, dan harus bisa mengantar kita sebagai bangsa yang memanfaatkan ekonomi digital dimasa yang akan datang ini dengan baik,” katanya.

"Maka PR mengambil peran yang penting untuk mengajak masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan di masa masa pandemi ini yang mendorong untuk masuk pada era baru yaitu era digital," kata dia. Dia berharap semua insan Public Relation (PR) untuk turut menjaga dan merawat Indonesia. Semua pihak, kata dia, harus berperan sebagai PR. Artinya bukan soal profesi.

Hal hal yang dilakukan PR, misalkan membuat citra yang positif untuk Indonesia, memberikan informasi yang objektif dan membawa spirit positif harus dapat dilakukan semua pihak. “Kepada para insan insan kehumasan Indonesia khususnya yang diberikan atau yang mendapat award saya mengucapkan selamat," ujar Menkominfo. Sementara itu, founder & CEO Iconomics Bram S Putro menjelaskan, ajang Indonesian Corporate Branding PR Award 2020 ini merupakan ajang apresiasi dari para audiens kepada kerja keras PR yang ada di perusahaan atau lembaga.

Apalagi dalam kondisi wabah Covid 19 yang mengubah banyak hal. Peran PR sangat dibutuhkan dalam membangun citra dan reputasi perusahaan dan juga bangsa Indonesia. Ketua Umum BPP Perhumas Agung Laksamana menegaskan industri PR saat ini berada di teritori yang berubah memasuki era physical distancing yang menghasilkan perubahan perilaku fundamental yang disebut sebagai the new normal. Virus Covid 19 adalah sesuatu yang tidak bisa kita kendalikan sehingga PR harus fokus terhadap sesuatu yang dapat dikendalikan. Ia mengajak kepada semua pihak untuk fokus dalam perspektif melihat peluang.

Terkait dengan penyelenggaraan Penganugerahan Indonesian Corporate Branding PR Award, dia mengatakan, ajang ini melewati proses panjang. Iconomics menemukan ada 9 aspek dalam 3 pilar yang menjamin bahwa sebuah perusahaan dapat mencapai kesuksesan berkesinambungan. Yaitu, Product & Service Quality Aspect, Size & Presence Aspect, Growth Aspect, Competency Aspect, Employment Welfare Aspect, Cleanliness & Honesty, Social Environmental Contribution Aspect, Customer Value Aspect, dan Familiarity Aspect.

Dalam melakukan riset, Iconomics menerapkan 3 metode survei secara online kuantitatif dengan total lebih dari 10.000 responden di 10 kota besar di Indonesia pada bulan Maret April 2020. Dengan mempertimbangkan keterbatasan teknis, maka survei hanya dilakukan terhadap most prominent brands di Indonesia dan survei dilakukan secara close ended question terhadap ke 9 aspek perusahaan.

Lengkap Doa Buka Puasa Jadwal Buka Puasa di Solo & Sekitarnya Jumat 15 Mei 2020

Previous article

Istri Tora Sudiro Unggah Video Penuh Haru Aktor Senior Henky Solaiman Meninggal Dunia

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *