Nasional

Menteri Rangkap Jabatan Dikhawatirkan Timbul Konflik Kepentingan Pengamat

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai tidak etis seorang menteri merangkap jabatan. Hal ini, karena tugas tugas sebagai seorang menteri dikhawatirkan akan terbengkalai. "Secara etika tidak bagus. Jadi menteri itu fokus saja mengurus persoalan persoalan bangsa," kata Ujang, saat dihubungi, Senin (18/5/2020).

Jika, merujuk pada Pasal 23 Undang Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara, maka menteri dilarang merangkap jabatan sebagai: A. pejabat negara lainnya sesuai dengan peraturan perundang undangan; B. komisaris atau direksi pada perusahaan negara atau perusahaan swasta; atau

C. pimpinan organisasi yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Menurut dia, apabila seorang menteri merangkap jabatan jabatan seperti yang diatur di Undang Undang Kementerian Negara, dikhawatirkan akan melahirkan dan menciptakan konflik kepentingan. "Apalagi misalnya untuk memperluas bisnis pribadi dan kelompok," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio ternyata masih sebagai Komisaris Tokopedia. Melansir Kontan.co.id, Berdasarkan data perubahan terakhir Anggaran Dasar PT Tokopedia yang dicatatkan di Kementerian Hukum dan HAM pada 26 Desember 2019, total ada delapan komisaris di perusahaan digital penyedia layanan jual beli secara daring (e commerce). Salah satunya adalah Wishnutama. Adapun daftar lengkap komisaris Tokopedia sesuai dengan akta Nomor 271 tanggal 28 November 2019 adalah sebagai berikut: Agus DW Martowardoyo sebagai Komisaris Utama Tokopedia. Adapun posisi Komisaris Tokopedia masing masing dijabat oleh Shailendra JIT Singh, Kabir Misra, Taruhide Sato, Dong Seok Kang, Li Tzar Kai Richard, Ting Hong Kenny Ho, Wishnutama Kusubandio.

Masih merujuk data yang sama, posisi Direktur Utama Tokopedia adalah William Tanuwijaya. Adapun jabatan Direktur Tokopedia ditempati oleh Leontinus Alpha Edison, Wun Woo Lee, Lydia Bly Jett, Wong Ka Kit, dan Michael Yuen. Mengenai hal itu, Tokopedia mengklarifikasi kabar bahwa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio masih menjabat sebagai komisaris. VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, Wishnutama memang pernah menjabat selaku komisaris di Tokopedia, namun sudah mundur.

"Bapak Wishnutama telah mengundurkan diri pada tanggal 21 Oktober 2019, sebelum Bapak Wishnutama dilantik sebagai pejabat publik," ujarnya melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Ketika Sandiaga Susuri Gang Sempit & Bertemu Manusia Gerobak di Jakarta Selatan

Previous article

Sekali-sekali Merasakan Kayak ART Tahun Ini Enggak Mudik Yuni Shara

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *