Tips

Mengenal Proses Menstruasi dan Siklus yang Harus Dilalui

Menstruasi adalah salah satu kondisi yang akan dilalui oleh semua wanita secara rutin setiap bulan. Disebut juga dengan datang bulan, tahap ini memang seringkali membuat wanita harus menghadapi nyeri dan mood tidak stabil. Namun, proses menstruasi ini memegang peran penting bagi kesehatan dan kesuburan alat reproduksi.

Tahap Menstruasi

Anda mungkin tahu betul apa itu menstruasi dan seperti apa rasanya. Namun, mungkin Anda belum tahu seperti apa tahapan siklus ini. Berikut akan dibahas siklus yang harus Anda lalui selama menerima tamu bulanan tersebut.

1.     Ovulasi

Mari mulai dari tahap ovulasi. Pada tahapan ini, ovarium akan menghasilkan folikel yang kemudian melepaskan sel telur. Sel-sel telur yang sudah matang kemudian akan menuju rahim melewati tuba fallopi. Perlu diketahui bahwa sel-sel ini hanya berada di sana dalam waktu 24 jam. Jika tidak ada sperma yang datang membuahi, maka akan luruh lewat darah menstruasi.

2.     Luteal

Tahap berikutnya yang akan terjadi adalah luteal. Fase ini ditandai dengan pembentukan korpus luteum oleh folikel yang kosong selepas meluncurkan sel telur. Proses pembentukan korpus luteum ini kemudian akan meningkatkan kadar hormon progesteron dan membuat dinding rahim jadi lebih tebal. Fase ini biasanya ditandai dengan munculnya jerawat, nyeri payudara, dan mood yang naik turun.

3.     Menstruasi

Ini dia inti dari proses menstruasi. Jika proses ovulasi dan luteal sudah terjadi maka tinggal menunggu lapisan dinding rahim meluruh. Peluruhan ini akan keluar dalam bentuk darah menstruasi lewat vagina. Pada saat proses ini terjadi, biasanya muncul nyeri di perut bawah serta punggung karena terjadi kontraksi rahim.

4.     Folikular

Seusai fase menstruasi, masuklah ke tahap folikular. Di tahap ini, ovarium akan kembali memproduksi folikel. Pada tahap ini dinding endometrium juga akan mengalami penebalan. Begitulah kemudian proses ini akan kembali lagi ke ovulasi, luteal, dan terjadilah datang bulan.

Itulah proses menstruasi yang selalu terjadi setiap bulan pada tubuh wanita. Proses ini seharusnya terjadi secara teratur dan tepat waktu. Jika terjadi keterlambatan maka penting untuk mengetahui apa penyebabnya. Konsultasikan pada dokter apabila ditemui tanda-tanda yang tidak normal pada siklus menstruasi Anda.

Mengintip Pentingnya Software CRM Indonesia Di Dalam Berbisnis

Previous article

7 Tips Memilih Sofa untuk Ruang Keluarga Berukuran Mungil

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *