Kesehatan

Lemahnya Imunitas Lansia Satu Faktornya Kekurangan Gizi

Orang yang sudah mencapai usia 60 tahun ke atas alias lansia memiliki kondisi tubuh rentan terhadap penyakit. Dr. Lazuardhi Dwipa, SpPD KGer menyebutkan berkurangnya imunitas lansia salah satu penyebabnya adalah masalah kekurangan gizi. Biasanya lansia akan mengalami masalah pada makan bisa karena adanya penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi yang membuat lansia jadi malas makan.

"Kalau kemampuan makan turun atau makannya menurun karena penyakit lain diabetes atau bisa juga paru maka jadinya masalah gizi," ungkap dr. Lazuardhi saat live di Radio Kesehatan, Senin (3/8/2020). Kalau asupan makanan yang dikonsumsi menurun yang berarti tidak memenuhi kebutuhan nutrisi maka sel penunjang sistem kerja akan terganggu. Kalau imunitas terganggu maka tubuh akan mudah terserang penyakit mulai dari infeksi, komplikasi, bahkan yang menyebabkan kematian.

"Sering pasien lansia ini datang karena masalah gizi dan kekurangan gizi jadi lemahnya sistem imunitas, nutrisinya turun, jadi lansia berisiko terhadap penyakit," kata dr. Lazuardhi. Kemudian faktor lainya lansia rentan terhadap penyakit karena semakin tinggi usia fungsi organ akan menurun sehingga tidak bisa maksimal seperti saat usia produktif. "Lansia lebih cepat jatuh ke keadaan yang menurun karena fungsi organ menurun dan cadangan fisiologinya sudah menurun jadi tidak bertahan lama," ungkap dr. Lazuardhi.

Pernikahan Rachel Maryam & Edwin Aprihandono Akhirnya Sah Secara Hukum Negara Setelah 9 Tahun

Previous article

Padahal Semua Dibeli dari Kerja Keras Jenita Janet Mantan Suami Gugat Harta Gono Gini Pengacara

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *