Nasional

Legislator PAN Minta Kemendikbud Beri Kepastian terkait Kurikulum di Masa Pandemi Covid-19

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PAN Zainuddin Maliki mengharapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan kepastian terkait pembenahan kurikulum di masa pandemi Covid 19. Apalagi, Zainuddin mengatakan saat ini pemerintah telah mengambil kebijakan membuka sekolah tatap muka di zona kuning Covid 19. Menurutnya harus ada kepastian yang jelas mengenai penggunaan kurikulum seperti apa dalam sistem pendidikan di tengah pandemi ini.

"Kebijakan membuka (sekolah tatap muka di zona kuning), menjadikan ada tiga opsi. Boleh tetap mengacu pada Kurikulum Nasional, menggunakan kurikulum darurat atau melakukan penyederhanaan kurikulum secara mandiri hanya membingungkan para guru di lapangan," kata dia. "Segera susun kurikulum darurat, lengkapi dengan standar isi serta penilaiannya dan berlakukan secara nasional," imbuhnya. Politikus PAN tersebut juga menyinggung persoalan penyediaan dana bagi pendidikan di masa pandemi. Alangkah lebih baik, kata dia, untuk menghentikan program yang tidak bersentuhan langsung dengan penanganan dampak Covid 19.

Karena menurutnya Kemendikbud tidak bisa hanya merelaksasi penggunaan dana BOS untuk menyiapkan sarana protokol kesehatan atau pembelian gawai dan pulsa. "Lakukan refokusing anggaran seperti Program Organisasi Penggerak dan program lain yang tidak terkait langsung dengan dampak Covid 19. Tentu bisa dibicarakan dengan Komisi X agar dapat disiapkan dana memadai untuk penangan pembelajaran siswa, baik yang langsung tatap muka maupun belajar dari rumah," tandasnya.

Ganjar Mengaku Heran karena Bertolak Belakang dengan Kultur Selama Ini Aksi Intoleran di Solo

Previous article

atau Daftar Offline Bisa Online di prakerja.go.id Panduan Pendaftaran Karu Pra Kerja Gelombang 4

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *