Nasional

Kuota Penerima Bertambah Jadi 800.000 Orang Hari Ini Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka

PendaftaranKartu Pra Kerja gelombang 4 dibuka Sabtu, 8 Agustus 2020. Sebelum mendaftar, ada prioritas utama dan persyaratan yang harus dipenuhi. Kali ini, jumlah jumlah kuota penerima Kartu Pra Kerja ditingkatkan menjadi 800.000 orang.

Kartu Pra Kerja diperuntukkan bagi WNI hinggapencari kerja atau pekerja yang terdampak pandemi virus corona. Selain itu, juga diprioritaskan bagi pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid 19. Hal ini disampaikanSusiwijono selaku Sekretaris Komite Cipta Kerja dalam Konferensi Pers yang digelar secara daring pada Jumat, (7/8/2020) di Jakarta.

"Permenko ini juga memberikan prioritas pada pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Pandemi Covid 19." "Namun belum tersentuh oleh bantuan sosial," kataSusiwijono. Selanjutnya, Pemerintah juga memperbaiki tata kelolanya yang sempat dikritik banyak pihak.

Perbaikan tata kelola tertuang dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja. Adapun peraturan tersebut, telah diubah dengan Peraturan Presiden No 76/2020 tentang Perubahan atas Perpres 36/2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Pra Kerja. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono menjelaskan terdapat sejumlah perubahan dalam Permenko 11/2020.

Program Kartu Prakerja yang semula hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas serta daya saing angkatan kerja, kini juga digunakan untuk pengembangan kewirausahaan. Masuk ke situs dan pilih menu Daftar Sekarang. Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru.

Cek email masuk dari akun Pra Kerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Pra Kerja Login akun Pra Kerja.

Anda bisa memasukkan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat. Nantinya, Anda diminta untuk verifikasi akun, mengisi data diri, dan nomor HP. Kemudian, masukan nomor KTP dan tanggal lahir, lalu klik Lanjutkan

Isikan data diri lengkap sesuai formulir Kartu Pra Kerja. Misalnya, mengenai nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP. Kemudian, klik Lanjutkan.

Masukkan nomor telepon. Setelah mengisi nomor telepon, maka kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Nah, ketika swafoto, pastikan foto yang kamu unggah ketika mendaftar sudah sesuai dengan ketentuan agar akun dapat diverifikasi.

Pastikan juga seluruh wajah terlihat jelas, jangan gunakan kacamata, penutup kepala, apalagi menggunakan masker. Seluruh bagian muka tampak lurus menghadap kekamera. Atur kecerahan dalam foto agar tidak nampak gelap atau tidak terlalu terang.

Hindari menggunakan kacamata saat berfoto. Jangan menggunakan topi atau penutup kepala, kecuali wanita berhijab. Pastikan wajah tidak tertutup rambut

Jangan menggunakan masker. Atur pencahayaan dalam foto agar tidak muncul bayangan. Ambil foto dalam posisi potrait bukan landscape .

Ambil foto dengan latar belakang polos. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila diperlukan.

Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Pra Kerja setelah menyelesaikan tes. Kartu Pra Kerja diperuntukkan WNI yang berusia 18 tahun ke atas. Tidak sedang bersekolah.

Warga yang sedang mencari pekerjaan dan pekerjaatau buruhyang terdampak covid 19.

Sandra Dewi Ungkap Raphael Moeis Jadi Inspirasinya kisah Aktivitas Anak Pertama saat Bangun Tidur

Previous article

Prabowo Akan Kembali Ditetapkan Jadi Ketua Umum dalam KLB Gerindra Hari Ini Andre Rosiade

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *