Bisnis

KKP Distribusikan Benih Ikan Lele & Udang Galah Unggulan menuju Pembudidaya

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) terus menggenjot perekonomian masyarakat kelautan dan perikanan di tengah pandemi Covid 19. Satu di antaranya dengan mendistribusikan produk hasil riset dan inovasi berupa benih ikan lele dan udang galah unggulan ke pembudidaya Kabupaten Karawang dan Kabupaten Tasikmalaya. Kepala BRSDM, Sjarief Widjaja menegaskan pihaknya telah berhasil mengembangkan ikan dan udang ikan air tawar dengan kualitas yang telah ditingkatkan.

“Komoditas ikan lele dan udang galah unggulan hasil riset pemuliaan BRPI (Balai Riset Pemuliaan Ikan) banyak digunakan dan didistribusikan tersebar di seluruh Kabupaten dan Provinsi di Indonesia," tutur Sjarief, dalam pernyataannya, Jumat (1/5/2020). "Kami pun kembali mendistribusikan ikan unggul dalam rangka kegiatan riset uji multilokasi dengan tujuan untuk menguji secara langsung ikan hasil riset pemuliaan, mempercepat persebaran ikan unggul kepada masyarakat, serta membantu meningkatkan perekonomian pembudidaya perikanan,” tambahnya. Sebanyak 500 ribu ekor larva ikan lele didistribusikan kepada banyak Lele Farm di Desa Karangsinom, Kecamatan Tirtamulya, dan 100 ribu ekor post larva ikan lele ke Desa Cisayo, Kecamatan Cisayo, Kabupaten Tasikmalaya.

Kepala BRPI, Joni Haryadi, menyampaikan riset dan distribusi benih unggul diharapkan dapat memberikan keuntungan serta meningkatkan pendapatan masyarakat budidaya. "Dalam pelaksanaanya, pendistribusian benih lele mutiara dan udang galah gi marcro pun dilakukan sesuai SOP dalam menangkal wabah COVID 19,” jelas Joni. Observasi kegiatan dan pendampingan terhadap pembudidaya ikan dan udang galah dilakukan secara oniline sehingga dapat terpantau perkembanganya.

Seekor Anjing Selamatkan Bayi yang Ditelantarkan Orangtuanya di Belakang Rumah Kosong

Previous article

Daftar Lengkap Pemain Asing Persib Bandung Sejak Pertama Kali Hingga Kini

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *