Metropolitan

Ketika Sandiaga Susuri Gang Sempit & Bertemu Manusia Gerobak di Jakarta Selatan

Sandiaga Uno bersama Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid 19 terus bergerak membantu pemerintah dalam penanganan Covid 19. Aksi yang dilakukan Sandiaga Uno bersma relawannya di antaranya menggelar rapid test massal gratis dan membagikan sembako kepada warga yang terdampak Covid 19. Kali ini, Sandiaga Uno bergerak bersama kelompok relawan Galang Kemajuan Center (GKC) Jokowi yang juga merupakan bagian dari Relawan Indonesia bersatu medatangi warga RT 6, RW 9, Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (17/5/2020).

Sandiaga Uno bersama relawannya memberikan sembako kepada warga yang tak terdata bantuan dari pemerintah. Dari sekian banyak di antaranya ada pedagang mie ayam dan manusia gerobak yang tidak mengantongi KTP Jakarta. Sandiaga tiba di lokasi sekitar pukul 17.00 WIB.

Didampingi Ketua umum GKC Jokowi, Kelik Wirawan dan pengurus GKC Jokowi lainnya, Sandiaga menyusuri gang gang kecil menuju pemukiman warga untuk menyerahkan bantuan sembako. Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga mengatakan bila dirinya bersama relawan terus melakukan pendataan terhadap masyarakat penerima bantuan. "Banyak yang belum tersentuh bantuan, oleh karena itu hari ini bersama relawan kita turun di kelurahan Pasar Manggis, RT 06 RW 09. Di sini ada beberapa keluarga yang tadi Alhamdulilah sempat bersilaturahim, ada juga dari pedagang mie ayam, pak Suharno, yang Alhamdulillah berkomitmen tidak mudik," kata Sandiaga dalam kesempatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan tersebut menjadi upaya dirinya bersama para relawan membantu masyarakat yang hidupnya kesulitan akibata dampak pandemi Covid 19. "Karena penghasilannya turun, tapi biaya terus meningkat terutama karena kenaikan beberapa komoditas seperti gula, juga membebani masyarakat. Karena itu bantuan ini diharapkan meringankan beban masyarakat," katanya. Selain itu, menurut Sandiaga di daerah permukiman padat penduduk tersebut punbelum diadakanrapid test.

Sehingga muncul masukan untuk menggela rapid test di permukiman tersebut. "Masukan yang akan kami bawa ke Relawan Indonesia Bersatu adalah untuk menyasar kegiatan rapid test disini nanti, kegiatan mobile rapid test berbasis PCR karena di sini daerahnya sangat padat," ujar Sandiaga. Sandiaga dalam aksinya tersebut mengunjungi sekitar 12 rumah untuk menyerahkan langsung sembako kepada yang berhak.

"Ini ada paket sembako dari kami Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid 19. Semoga dapat membantu," ucap Sandiaga kepada seorang warga bernama Hannah. Hannah yang merupakan ibu rumah tangga ini mengaku belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, meski memiliki KTP DKI Jakarta. "Alhamdulilah sekali, saya belum dapat bantuan kebetulan pak," kata Hannah.

Adapun paket sembako yang dibagikan berupa Beras, Gula, Susu, Kecap, Telur dan lain lain. Paket Sembako yang dibagikan sebanyak 350. Usai menyerahkan sembako kewarga RT 6, RW 9, Kelurahan Pasar Manggis, Sansiaga dan relawan kemudian berpindah ke lokasi kedua, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Menjelang buka puasa, Sandiaga menyempatkan diri untuk menyapa pemulung yang setiap harinya menggunakan gerobak atau disebut 'manusia gerobak'.

Sandi dalam kesempatan itu, juga memberikan bantuan paket sembako untuk mereka. "Ini untuk meringankan beban ya bu," ucap Sandiaga kepada seorang ibu 'manusia gerobak' di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (17/5/2020). Ibu itu mengaku merasa terbantu dengan adanya bantuan sembako.

Sebab, biaya untuk makan biasanya bertumpu saat memulung. Namun, kini sulit rasanya untuk mendapatkan uang di tengah pandemi Covid 19. Ibu tersebut membawa serta dua orang anaknya yang berada di atas gerobak.

Sandi tak sungkan untuk juga memberikan paket sembako kepada dua anak ibu tersebut. Ia juga turut mengimbau kepada 'manusia gerobak' yang masih harus mencari rejeki di luar rumah saat pandemi Covid 19 menjaga kesehatan. "Tetap jaga kesehatan, pakai masker jangan lupa ya," ucap Sandi. Sandi mengajak masyarakat untuk tetap bersatu melawan Virus Corona ini.

Sandi meminta masyarakat untuk memandang lebih jeli bahwa Pandemi Covid 19 ini adalah hal yang baru dan patut untuk diwaspadai. Namun, Sandi tetap yakin Indonesia bisa melewati pandemi Covid 19 ini secepatnya. "Menurut saya yang harus kita lakukan adalah lawan Covid 19, tapi mulai beradaptasi dengan realita baru, beginilah kita semua pakai masker tidak boleh tidak pakai masker, jaga jarak," jelasnya.

"Jadi Covid 19 ini harus dilawan, fight Covid 19, tetapi dengan realita yang baru ini kita harus terima bahwa ini suatu kenyataan hidup yang harus kita terima, ini harus sama yakini syukuri, segera beradaptasi, mudah mudahan Covid 19 segera diangkat," katanya

Dibantai Borussia Dortmund Para Penggawa Schalke 04 Legawa Berita Bundesliga

Previous article

Menteri Rangkap Jabatan Dikhawatirkan Timbul Konflik Kepentingan Pengamat

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *