Sport

Ini Harapan Ahsan Jelang Asia Team Championships 2020 Pasangan The Daddies Jalani Latihan Terpisah

Pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawanakan mengikutikejuaraanBadminton Asia Team Championships 2020. Kejuaraan beregu putra dan putriBadminton Asia Team Championships 2020 berlangsung di Manila, Filipina pada Selasa (11/2/2020) hingga Minggu (16/2/2020). Seluruh pertandingan ini akan dilaksanakan diRizal Memorial Coliseum.

Meskipun tidak dapat berlatih bersama, Ahsan tetap yakin kepada pasanganduetnya dapat memberikan yang terbaik bagi Indonesia dalam kejuaraan Badminton Asia Team Championships 2020. "Di sana (Hendra Setiawan) pasti latihan juga," "Mungkin kendalanya memang kami tak bisa latihan bersama, tapi itu tidak masalah karena kami berpasangan sudah bertahun tahun." kata Ahsan seperti yang dilansir dari Bolasport.

Selain ituAhsanjuga mengatakanbahwa skuad tim Merah Putih telah siap bertanding. "Saya rasa semua pemain sudah siap, pelatih juga tentu sudah mempersiapkan pemainnya," "Cuma nanti di lapangan kita tinggal lihat saja, siapa yang bakal diturunin karena ada beberapa pasang ganda dan beberapa tunggal juga,"imbuhnya.

Berdasarkan hasil undian kejuaraan beregu Badminton Asia Team Championships 2020 (BATC), tim putra Indonesia berada di grup A bersama India dan tuan rumah, Filipina. Indonesia merupakan juara bertahan dan menempati urutan teratas dalam daftar unggulan, diikuti Jepang, Tiongkok, Taiwan dan India. Berstatus sebagai tim unggulan, Ahsan sebagai pemain senior mengingatkan rekannya yang lain untuk tidak menganggap remeh para lawan yang akan dihadapitim indonesia.

"Kami tetap harus waspada, juga harus ada semangat," "Kami juga memiliki kans [menang] buat melawan Filipina dan India, tapi mereka juga cukup berbahaya di tunggalnya, gandanya pun ada yang bagus." terang Ahsan. Tim tunggal putra India akan diperkuat Kidambi Srikanth, Sai Praneeth, Prannoy H.S, dan nama pemain muda Lakshya Sen yang masuk dalam tim.

Sementara di sektor ganda putra, India mengandalkan pasangan Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy yang menempati peringkat 10 dunia. Walaupun pemain Indonesia diunggulkan dengan menempati peringkat lima besar dunia, Ahsan berharap agar semua pemain tidak terlalu jemawa. "Jadi harus tetap dijaga dan jangan sampai over confidence juga," kata pemenang tiga gelar juara dunia bareng Hendra Setiawan itu.

"Percaya diri bagus tapi jangan terlalu percaya diri karena itu bisa menjadi bumerang untuk kami sendiri," pungkasnya. Dijadwalkan 20 atlet beserta offisial yang terdiri dari 10 regu putra dan 10 regu putri akanberangkat ke Manila pada esok siang Sabtu (8/2/2020). Keberangkatannya menggunakan maskapai Philippine Airlines dengan nomor penerbangan PR 540, pukul 13.45 WIB.

Di tengah merebaknya wabah virus Corona di sejumlah negara selain Tiongkok, tim Indonesia telah mengupayakan antisipasi untuk mencegah penularan virus tersebut. Pertama, PBSI akan memastikan bahwa tubuh atlet dalam kondisi bugar, Kedua, adanya edukasi mengenai penularan virus kepada para atlet dan tim ofisial. Selanjutnya yang terakhir para atlet dan tim offisial telah dibekali masker antivirus.

Seperti pada kejuaraan beregu biasanya, tim Indonesia kali ini juga akan didampingi dokter PBSI yang telah mempersiapkan segala kebutuhan medis atlet dan tim selama di Manila. Antisipasi sebagai pencegahan wabah vius Corona tersebut telah dikonfirmasi langsung olehAchmad Budiharto selaku Sekretaris Jenderal PP PBSI. "Sudah kami siapkan, sudah ada antisipasi. Saya baru dapat penjelasan dari dokter, bahwa penularan virus bisa terjadi kalau terjadi kontak langsung, artinya virus itu masuk bukan melalui udara."

"Misalnya ada orang yang terkontaminasi yang batuk atau bersin, ditutup pakai tangan." "Lalu tangannya menyentuh benda lain dan bendanya disentuh orang lain, bisa saja virusnya masuk dari tiga entry yaitu mata, hidung dan mulut, artinya ada kontak langsung secara fisik, ini yang kami coba antisipasi," jelas Achmad Budiharto seperti yang dilansir dari Badmintonindonesia.org. Para atlet juga telah diminta untuk membatasi kontak langsung dengan barang barang yang dicurigai bisa menjadi medium penularan virus.

Jika berada di tempat umum pun harus sering mencuci tangan di air yang mengalir. Budiharto juga mengatakan bahwa pembatasan aktivitas atlet selama di Manila akan diberlakukan sewajarnya, namun tetap meminta atlet untuk terus waspada. "Selama masih dalam batasan yang cukup aman, kami akan izinkan. Sebetulnya ini bukan cuma PR kami saja, tapi utamanya pasti PR tuan rumah sebagai penyelenggara."

"Kemudian BAC (Badminton Asia Confederation) juga lagi memikirkan, karenaconcernutamanya adalah menjaga keselamatan dan kesehatan para atlet yang bertanding,"tambahBudiharto. "Saya kira atlet kita sudah dewasa, mereka sudah tahu, kami batasinya yang besarannya saja," "Kami kasih tahu kontaknya melalui apa saja, entry gate nya melalui apa saja, seperti itu kan mereka bisa berpikir."

"Kalau soal vitamin, kan sudah terjaga dari waktu ke waktu, sudah tahu kebutuhannya apa saja," pungkas Budiharto. Kejuaraan beregu putra dan putriBadminton Asia Team Championships 2020 berlangsung di Manila, Filipina pada Selasa (11/2/2020) hingga Minggu (16/2/2020). Seluruh pertandingan ini akan dilaksanakan diRizal Memorial Coliseum

1.Anthony Sinisuka Ginting 2.Jonatan Christie 3.Shesar Hiren Rhustavito

4.Firman Abdul Kholik 5.Kevin Sanjaya Sukamuljo 6.Marcus Fernaldi Gideon

7.Hendra Setiawan 8.Mohammad Ahsan 9.Fajar Alfian

10.Muhammad Rian Ardianto 1.Gregoria Mariska Tunjung 2.Ruselli Hartawan

3.Choirunnisa 4.Putri Kusuma Wardani 5.Greysia Polii

6.Apriyani Rahayu 7.Ni Ketut Mahadewi Istarani 8.Tania Oktaviani Kusumah

9.Siti Fadia Silva Ramadhanti 10.Ribka Sugiarto Grup A: Indonesia, India, Filipina

Grup B: Tiongkok, Thailand, Hong Kong Grup C: Taiwan, Malaysia, Singapura Grup D: Jepang, Korea, Kazakhstan

Grup W: Jepang, Malaysia, Hong Kong Grup X: Korea, India, Kazakhstan Grup Y: Thailand, Indonesia, Filipina

Grup Z: Tiongkok, Taiwan, Singapura

Jasa Marga Usulkan Tarif Baru Tiga Ruas Tol menuju BPJT

Previous article

Dikhawatirkan Masuk Tanpa Terdeteksi Ilmuwan Mempertanyakan Tak Ada Kasus Virus Corona di Indonesia

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *