Bisnis

Indonesia Menuju Digital Society 5.0 Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G Plate menyampaikan ada hikmah di balik pandemi Covid 19. Menurutnya, tanpa disadari masyarakat Indonesia tengah melakukan percepatan transformasi digital untuk memasuki digital society atau masyarakat digital 5.0. “Ada sisi lain dari pandemi Covid 19, yakni percepatan transformasi digital, masyarakat Indonesia memasuki Digital Society 5.0 seperti yang sudah dilakukan di Jepang," kata Jhonny saat webinar di Jakarta, Jumat (5/6/2020).

"Sekarang kita tinggal memperkuat regulasi untuk memenuhi syarat memasuki era transformasi digital,” sambungnya. Tugas pemerintah dan DPR, lanjut Jhonny harus mempercepat proses legislasi payung hukum transformasi digital. Antara lain memprioritaskan penguatan UU Perlindungan Data Pribadi dan UU Kriminal Siber.

Lebih lanjut, Jhonny memaparkan sembari berjalan menuju Society Digital 5.0 pemerintah terus melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah daerah terpencil hingga tataran desa. Menurutnya masih terdapat desa yang menjadi blackspot karena belum mendapat fasilitas jaringan internet. Jhonny menambahkan saat ini Indonesia tengah menghadapi fase krusial selama berhadapan dengan wabah COVID 19.

Setelah melakukan tahapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini Indonesia mulai menapaki kehidupan normal baru. Untuk itu menurutnya pemerintah sangat memperhatikan kepentingan masyarakat dari sisi medis dan non medis. “Situasi normal dibutuhkan untuk menjaga produktivitas masyarakat, di saat yang sama kita juga harus aman dari penyebaran COVID 19,” ujarnya.

Sementara pada kesempatan yang sama, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Widodo Muktiyo menegaskan saat ini masyarakat dinilai sudah cukup disiplin dalam menjalankan protokol Kesehatan di masa pembatasan sosial. Tantangan pemerintah saat ini lebih berat lagi karena harus mendorong kedisiplinan masyarakat yang sudah mulai diperbolehkan untuk berinteraksi sosial di tempat umum. Per hari ini misalnya, warga di Jakarta sudah mulai kembali melaksanakan solat Jumat berjamaah di masjid masjid.

“Masyarakat itu kalau cuci tangan dan pakai masker, sudah tertib. Tapi ketika masuk ke interaksi sosial, di situ menjadi tantangan. Komunikasi publik yang kita sasar adalah di level komunitas. Semua tempat publik yang berisi komunitas komunitas kita minta menerapkan protokol pencegahan COVID 19 dengan ketat,” ujar Widodo.

Ini Alasannya YouTuber Ferdian Paleka Akan Kembali Dipanggil Polisi Sudah Dinyatakan Bebas

Previous article

Jumlahnya Cenderung Meningkat Hari Ini Pasien Covid-19 Sembuh Sebanyak 551 Orang Yuri

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *