Bisnis

INACA Sebut Maskapai Butuh Masa Transisi Pesawat Komersil Dilarang Terbang

Indonesia National Air Carriers Association (INACA) angkat bicara terkait larangan terbang pesawat komersil menyusul terbitnya Permenhub Nomor 25 Tahun 2020. Sekretaris Jenderal INACA, Bayu Sutanto menjelaskan, pelarangan terbang atau terminate operation perlu adanya waktu masa transisi yang diberikan kepada operator maskapai penerbangan. Faktor lain yang menjadi persoalan krusial adalah ketersedian lahan parkir pesawat.

INACA memandang karena banyak pesawat yang tidak beroperasi maka akan membuat seluruh pesawat menumpuk di bandara. "Karena itulah pentingnya masa transisi," tukasnya. Selanjutnya faktor nasib penumpang yang terlanjur membeli tiket pesawat pulang pergi sebelum tanggal 24 April 2020.

"Hal yang kritikal ya soal penjelasan ke penumpang bagaimana misalnya untuk keperluan dinas atau bisnis yang sudah terlanjur pergi sebelum pelarangan. Apa harus nunggu setelah 1 Juni pulangnya?" tutur Bayu. Sebelumnya, Kementerian Perhubungan resmi melarang penerbangan dalam dan luar negeri mulai 24 April hingga 1 Juni 2020. Hal ini dilakukan terkait dengan adanya pelarangan mudik yang dilakukan pemerintah, untuk mencegah penyebaran wabah Covid 19.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, mengatakan tetapi dalam pelarangan tersebut ada pengecualian yang diberlakukan. "Pengecualian tersebut seperti operasional penerbangan pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) atau Warga Negara Asing (WNA)," ucap Novie dalam konferensi virtual, Kamis (23/4/2020). Ia menambahkan, pengecualian lain juga berlaku terhadap pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu atau wakil kenegaraan, perwakilan organisasi internasional serta operasional penerbangan khusus repatriasi.

"lalu untuk operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat, operasional angkutan kargo baik kargo penting dan esensial juga berlaku pengecualian," ujar Novie. Novie menuturkan, untuk pelayanan navigasi penerbangan tetap berjalan seperti biasa. Begitu juga dengan pelayanan bandara, tetap beroperasi seperti biasa sebagai antisipasi apabila ada angkutan kargo.

Begini Nasibnya Saat Ditemukan Satu Keluarga di Magetan Kabur menuju Kalbar Saat wajib Isolasi Mandiri

Previous article

Jalur Penularan Diselidiki Pertama Kali Penularan Corona dari Murid SD menuju Temannya di Jepang

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *