Tips

Hal Yang Wajib Diketahui Untuk Menjaga Keselamatan Dan Keamanan Bayi Saat Mandi

Memandikan bayi bukanlah hal yang mudah. Bahkan, tidak sedikit orang tua muda yang merasakan bahwa tantangan ini cukup membuat tangan gemetar. Terutama mengingat banyak sekali hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Tidak hanya tentang alat mandi bayi baru lahir, namun beberapa hal ini wajib Anda catat agar si buah hari aman selama proses mandi.

Hal Yang Mesti Diketahui Oleh Para Orang Tua Baru

1. Sudah Bolehkah Bayi Dimandikan?

Jangan sepelekan pertanyaan ini. Idealnya bayi yang masih baru lahir tidak boleh langsung dimandikan di dalam bak. Hal ini karena tali pusatnya masih belum terlepas. Menurut IDAI, tali pusat bayi umumnya akan terlepas di hari ke 13 atau 14. Alternatif mandi, orang tua bisa mengusap kulit bayi dengan kain lap atau waslap basah dari air hangat suam kuku.

2. Peralatan Yang Sesuai

Sempat disinggung tentang kain lap dan waslap. Pada umumnya, kedua item tersebut termasuk peralatan mandi untuk si buah hati. Yang perlu diperhatikan dalam pemilihan adalah kesesuaian bahan dan kebutuhan. Alat seperti bak mandi atau perlak dapat dipilih asalkan telah didesain khusus untuk kebutuhan dan kondisi badan bayi yang masih sensitif.

Umumnya, peralatan yang diformulasikan khusus untuk bayi akan memiliki material dan bentuk khusus. Seperti contohnya alat mandi bayi baru lahir berupa bak. Desainnya cenderung dangkal, ujungnya tumpul, dan permukaannya halus. Sama halnya dengan handuk dan washlap khusus bayi yang memiliki karakteristik lembut, halus, dan punya daya serap maksimal.

3. Kondisi Suhu Air

Kondisi air juga wajib Anda ketahui. Bayi yang baru lahir hendaknya dimandikan dengan air bersuhu suam suam kuku. Suhu tersebut tidak terlalu panas atau terlalu dingin, yang mana berkisar antara 37 – 38°C. Anda bisa mengisi bak mandi dengan air mandi dan campurkan air dingin hingga nyaman di kulit. Hal ini penting untuk hindari resiko kulit terbakar atau bayi kedinginan.

4. Keamanan Sampo Dan Sabun

Indikasi aman untuk bayi bisa Anda temukan dari formulasi bahan yang digunakan. Idealnya, sampo atau sabun bayi harus memiliki ph 5,5 atau netral. PH tersebut adalah yang paling sesuai untuk kulit bayi yang masih sensitif. Selain itu, hindari produk berparfum dan pewarna. Alat mandi bayi baru lahir yang terbaik umumnya dari merek ternama, seperti Mitu baby.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk memandikan si buah hati? Pastikan si bayi sudah cukup umur untuk dimandikan secara langsung dengan air. Jangan lupa untuk memilih produk peralatan khusus bayi. Cek kondisi air dan suhunya, plus pilih produk sampo dan sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi. Seperti Mitu baby milk bath dan Mitu baby natural shampoo.

3 Jebakan Tikus Paling Ampuh dari Cap Gajah

Previous article

Mengintip Pentingnya Software CRM Indonesia Di Dalam Berbisnis

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *