Nasional

Gelombang Tinggi 4 M di Sejumlah Perairan Indonesia Peringatan Dini BMKG Kamis 6 Agustus 2020

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini gelombang tinggi pada Kamis, 6 Agustus 2020. Gelombang tinggi 2.5 4 meter berpotensi terjadi di sejumlah perairan Indonesia. Di antaranya Samudra Hindia Barat Aceh hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan hingga Perairan Selatan Banten hingga Pulau Sumba.

Dilansir dari laman resmi , terdapat sirkulasi udara di Samudra Pasifik utara Papua Barat dan Laut Sulu. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara Barat Daya dengan kecepatan 8 25 knot. Kemudian, di wilayah selatan Indonesia dari Timur Tenggara dengan kecepatan 6 20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Perairan selatan Banten, Perairan Kepulauan Sangihe Kepulauan Talaud, Perairan Sorong Selatan dan Perairan Yos Sudarso Merauke. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut. 1. Laut Sawu

2. Perairan Kupang Pulau Rote 3. Samudra Hindia Selatan Pulau Sumba hingga Kupang Pulau Rote 4. Laut Arafuru bagian Timur

5. Selat Malaka 6. Laut Jawa bagian Tengah dan Timur 7. Laut Bali

8. Selat Makasar 9. Perairan Kalimantan Utara 10. Laut Sulawesi bagian Barat

11. Perairan Selatan Sulawesi Utara 12. Perairan Raja Ampat bagian Utara 13. Samudra Pasifik Utara Jayapura

1. Perairan Barat Aceh hingga Lampung 2. Samudra Hindia Barat Aceh hingga Lampung 3. Selat Sunda bagian Selatan

4. Perairan Selatan Banten hingga Pulau Sumba 5. Samudra Hindia Selatan Banten hingga NTB. Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m)

Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m) Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m) Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan Tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

Yoyok Sukawi Sebut Anggaran Subsidi PT LIB Belum Cukup Buat Bayar Gaji Pemain PSIS Semarang

Previous article

Dini Hari Nanti Manchester United (MU) vs LASK di Liga Eropa Live Streaming TV Online SCTV

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *