Travel

Fakta Unik Tugu Jogja yang Sering Dijadikan Spot Foto

Jogja menyimpan beragam keindahan dengan nuansa jawa yang masih sangat kental. Bangunan-bangunan yang telah berdiri sejak dulu, masih banyak yang terawat hingga kini, salah satunya Tugu Jogja. Tugu ini dibangun pada tahun 1775, tak heran jika desain bangunan ini sangat ikonik. Asiknya liburan di tempat ini, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan hotel dekat Tugu Jogja.

Mengunjungi tugu Jogja bisa kamu masukkan dalam agenda selama liburan selama. Tugu ini memiliki beberapa fakta unik yang perlu kamu ketahui. Apa saja faktanya ? Yuk ketahui selengkapnya.

Fakta Unik Tugu Jogja yang Sering Dijadikan Spot Foto

●       Awalnya bernama Tugu Golong Gilig

Tugu ini pertama kali dibangun oleh Hamengkubuwana I yang merupakan pendiri Keraton Yogyakarta. Pada mulanya tugu ini bernama Tugu Golong-Gilig sebelum akhirnya saat ini terkenal dengan nama Tugu Jogja. Menurut informasi dari Wikipedia, Sultan Yogyakarta menjadikan tugu ini sebagai patokan untuk menghadap puncak Gunung Merapi saat melakukan meditasi. Selain kedua nama tersebut, tugu ini juga sering disebut dengan nama Tugu Pal Putih.

●       Berusia Hampir 3 Abad

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tugu ini didirikan pada tahun 1775. Dengan begitu, tak butuh waktu lama lagi untuk usianya bisa mencapai 3 abad. Tugu ini dapat ditemukan di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo.

Kabarnya, tugu ini menjadi garis yang menghubungkan beberapa tempat mulai dari Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak. Kemudian Kraton Yogyakarta dan Gunung Merapi yang bersifat magis. Meski begitu, kamu tidak akan melihat aura horor saat menikmati keindahan tempat ini.

●       Sempat Mengalami Kehancuran

Beberapa ratus tahun silam, Jogja sempat mengalami bencana gempa bumi yang cukup besar. Bencana tersebut mengakibatkan Tugu Jogja runtuh setelah sekitar 100 tahun pembangunannya selesai. Sampai akhirnya, pihak pemerintah Belanda yang saat itu menguasai Indonesia memperbaiki tugu ini pada tahun 1889.

  • Ukurannya Mengecil

Sejak mengalami keruntuhan, Tugu Jogja memang mengalami banyak perubahan. Awalnya, tugu ini memiliki tinggi 25 meter, namun setelah diperbaiki oleh pihak pemerintah Belanda, tingginya berubah menjadi 14 meter.

Dari segi bentuk juga mengalami perubahan, awalnya bentuk tugu ini silinder dengan bola pejal di atasnya. Saat ini, bentuknya persegi dengan puncaknya yang berbentuk runcing. Memang sangat disayangkan, kita tidak bisa melihat bangunan Tugu Jogja yang asli.

●       Memiliki Simbol Unik

Jika diamati dari dekat, Tugu Jogja memiliki simbol bintang dengan enam sudut. Simbol ini juga dikenal dengan nama Bintang David. Beberapa simbol lain bisa kamu lihat saat berada di dekat tugu ini, mulai dari daun loto, titik-titik emas hingga sudut yang meruncing. Keunikan lainnya bisa dilihat dari bentuk puncaknya yang sekilas mirip dengan tanduk unicorn dan disebut dengan untiran kemuncak.

●       Jadi Tempat Selfie yang Menarik

Meski Tugu Jogja dianggap memiliki nilai mistis, kamu tidak akan merasakan hal-hal yang menyeramkan di tempat ini. Banyak orang yang datang ke Jogja untuk singgah di tugu ini sekedar untuk berselfie. Bangunannya yang begitu ikonik akan membuat hasil foto menjadi lebih menarik. Khususnya untuk kamu yang suka dengan sejarah, pasti akan suka dengan bangunan ini.

Nah saat kamu liburan ke Jogja, pasti butuh dong hotel dekat Tugu Jogja untuk menginap. Agar keesokan harinya bisa mengexplore tempat lain dengan badan yang sudah fit. Di Jogja sendiri, banyak hotel murah yang bisa menjadi pilihan dan POP! Hotel Sangaji lebih direkomendasikan.

Kenapa Harus Menginap Di POP! Hotel Sangaji?

Hotel ini menyediakan berbagai fasilitas yang akan memanjakan kamu selama liburan di Jogja. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan tempat-tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Termasuk Tugu Jogja yang hanya berjarak 200 meter.

Selain penginapan, POP! Hotel Sangaji juga menyediakan meeting room Jogja untuk kamu bisa berdiskusi dengan rekan kerja. Cocok untuk kamu yang ingin liburan rame-rame bareng rekan satu kantor. Beberapa fasilitas lain tersedia di hotel ini, mulai dari WiFi gratis, TV kabel internasional dan masih banyak lagi.

Untuk aksesnya, hotel ini sebenarnya sangat mudah dijangkau. Untuk kamu yang datang ke Jogja menggunakan pesawat terbang, lokasi hotel ini hanya berjarak 8 km saja dari bandara. Maka dari itu, sangat direkomendasikan sebagai tempat penginapan untuk kamu yang ingin liburan di Jogja.

Yuk saatnya liburan di Jogja dan menginap di hotel dekat Tugu Jogja ini. Dengan menginap di POP! Hotels, kamu bisa lebih dekat saat ingin mengunjungi berbagai tempat wisata dan bangunan-bangunan ikonik di daerah ini.

3 Kiat Investasi Deposito untuk Pemula Agar Mendapatkan Profit Maksimal

Previous article

PAN Tegaskan Tak Terganggu & Risau  Partai Ummat Deklarasi 29 April

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *