Lifestyle

Apa Itu Ketombe?

Sebelum membahas ke penyebab ketombe alangkah baiknya jika Anda mengenali apa itu ketombe terlebih dahulu. Ketombe merupakan suatu kondisi yang ada di bagian kulit kepala dimana memiliki sifat kronik dan terletak pada skuama atau juga serpihan pada kulit kepala yang memiliki warna putih maupun sedikit kekuningan.

Gejala yang Ditimbulkan oleh Ketombe

Gejala ketombe yaitu sekumpulan serpihan dari kulit kepala yang berwarna putih maupun kekuningan dan berminyak, namun tidak menempel dengan kuat pada kulit kepala, umumnya ditemukan pada permukaan dari kulit kepala, rambut, maupun jatuh di bahu. Gejala lain dari ketombe yaitu seperti rasa gatal maupun kering pada kulit kepala.

Penyebab Serta Faktor Risiko Dari Ketombe

Penyebab dan faktor dari ketombe disebabkan oleh:

1. Tidak Rajin Dalam Mencuci Rambut

Penyebab ketombe yang pertama yaitu ketika kulit kepala tidak sering dibersihkan menggunakan shampo, maka akan menimbulkan minyak serta sel kulit akan mati dan menumpuk pada  kulit kepala.

2. Kulit kepala yang kering

Serpihan dari kulit kepala yang dikarenakan kulit tersebut kering berbeda dengan kulit berminyak.Kulit kering menimbulkan serpihan yang lebih kecil serta tidak berminyak.

3. Dermatitis kontak

Hipersensitivitas terhadap suatu komposisi dari produk perawatan rambut dapat menyebabkan kulit kepala meradang yang salah satu gejalanya adalah ketombe

4. Kerentanan dari Individu

Salah satu penyebab maupun faktor pada perkembangan dari ketombe yaitu kerentanan dari individu itu sendiri.Akan tetapi, hal tersebut belum diketahui secara pasti mengenai bagaimana kerentanan dari individu tersebut bisa mempengaruhi ketombe.Hal tersebut diduga karena perbedaan pada respon imun pada protein, barrier stratum korneum hingga polisakarida pada Malassezia sp pada setiap individu.

5. Faktor dari Penyakit lainnya

Faktor maupun penyebab ketombe selanjutnya yaitu dapat disebabkan oleh beberapa penyakit lainnya, contohnya yaitu Parkinson.  Contoh lainnya seperti seseorang yang memiliki penyakit HIV maupun daya tahan pada tubuh.

Deskripsi: Ketombe merupakan suatu penyakit pada kulit kepala yang  sering kali ditemukan, terutama pada kaum laki-laki. Ketombe menimbulkan rasa yang gatal yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering, jarang mencuci rambut maupun beberapa faktor lainnya.

Capella Singapore and How It Delights Families with Kids and Pets

Previous article

Serunya Liburan ke Dufan Dengan Memesan Tiket Secara Online

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *