Tips

5 Tips Cerdas Menyeleksi Media Informasi Terbaru

Kemajuan teknologi dan berkembangnya media online mempermudah kita semua mendapat informasi. Apalagi sekarang media informasi terbaru juga terus bermunculan. Meskipun ada banyak media atau portal berita yang muncul, lebih baik Anda tetap selektif memilih sumber berita untuk dipercaya. Jangan sampai bingung mengikuti berita dari media yang jumlahnya terlalu banyak.

Menyeleksi Media Berita

Tidak semua media atau portal berita harus Anda ikuti. Apalagi setiap hari selalu muncul media baru dengan berita-berita yang menarik. Berikut adalah 5 tips cerdas yang bisa dilakukan untuk menyeleksi media atau portal berita pilihan.

1.     Rajin Membaca Berita

Cara pertama adalah rajin membaca berita. Anda tidak boleh malas membaca berita-berita yang disajikan oleh suatu portal atau media. Langkah ini akan membantu Anda mengenal seperti apa gaya penulisan berita dari suatu media. Semakin sering Anda membaca berita di media tersebut, semakin Anda mengenal karakter dan lebih mudah untuk memberikan penilaian.

2.     Telusuri Sumber Berita

Jangan ragu untuk menelusuri sumber berita. Ikutilah media atau portal berita yang memiliki sumber terpercaya. Jangan mau mengikuti media yang asal-asalan menulis berita tanpa menyertakan sumber akurat. Ini merupakan prinsip penting yang harus Anda pahami jika ingin mengikuti suatu media atau portal berita agar tidak mudah terbawa hoaks.

3.     Kenali Penulisnya

Setiap berita yang dimuat di suatu media atau portal akan menyertakan nama penulisnya. Tak ada salahnya untuk menelusuri nama penulis dari berita tersebut. Ikuti media informasi terbaru yang memiliki penulis-penulis andal dengan track record yang bisa dipercaya. Jangan mau terbius berita dari media yang ditulis oleh penulis penyebar hoaks.

4.     Pelajari Tipe Berita

Setiap media atau portal berita biasanya memiliki tipe penulisan masing-masing. Anda bisa melihat seperti apa tipe berita yang disajikan oleh suatu media dari gaya pemaparannya. Apakah mereka mengutamakan headline yang viral atau fokus pada isi berita yang runtut dan mengedepankan fakta. Pilihlah media yang memang memuat berita berkualitas tanpa pernah membuat kehebohan bersifat bohong.

5.     Cari Perbandingan

Terlalu banyak media atau portal berita bermunculan, saatnya bagi Anda untuk mencari perbandingan. Jangan malas membaca berita dari berbagai sumber. Ini menjadi cara efektif untuk membandingkan media satu dengan yang lain. Dari situlah Anda bisa menilai mana media yang menyajikan berita dengan kualitas paling baik. Media inilah yang sebaiknya Anda ikuti dan yakini.

Itulah 5 tips menyeleksi media informasi terbaru yang ada di sekitar Anda. Baca berita-berita yang nyata salah satunya mediago.id berusahalah untuk menjadi penerima berita yang cerdas sehingga tidak akan pernah termakan hoaks. Jangan langsung percaya pada headline yang viral dan biasakan untuk membaca berita secara lengkap hingga selesai. Jika semua orang bisa cerdas mencerna informasi, maka tak akan ada lagi berita palsu menyebar.

 

Pilih Layanan Cargo Laut? Perhatikan 5 Hal Berikut!

Previous article

3 Jebakan Tikus Paling Ampuh dari Cap Gajah

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *