Kesehatan

4 Cara Mengatasi Mencret di Rumah

Diare merupakan salah satu penyakit pencernaan yang ditandai dengan mengalami mencret. Saat mengalami diare, feses akan menjadi lunak dan akan sering bolak-balik kamar mandi untuk BAB. Kondisi tersebut juga dikenal dengan mencret yang bisa diatasi dengan mudah. 

Kamu  bisa mengonsumsi obat diare sebagai cara mengatasi mencret dengan optimal. Selain itu cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi diare dan menghindari dehidrasi yang dapat memperparah gangguan kesehatan yang dialami adalah:

 

  • Minum air yang banyak

Tips pertama untuk mengatasi mencret dengan mudah ketika mengalami kondisi ini di rumah adalah cukup mengonsumsi air putih yang banyak. Hal ini juga dapat membantu menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi sedang hingga berat merupakan salah satu kondisi yang terjadi karena komplikasi diare yang tidak tertangani dengan baik. Sehingga hal tersebut akan bisa menyebabkan pusing, tubuh lemas, sakit tenggorokan, dan juga gejala lainnya. Untuk menghindari dehidrasi, Kamu  hanya cukup untuk mengkonsumsi banyak cairan selama diare. Sehingga jangan lupa untuk selalu minum air putih setidaknya 8-12 gelas ukuran sedang per harinya. Selain air putih, konsumsi juga berbagai makanan dan minuman yang dapat menjaga asupan cairan tubuh seperti sup, kuah kaldu, dan jus buah.

 

  • Pilih makanan yang tepat

Saat mengalami diare, pastikan untuk memilih makanan yang akan dikonsumsi. Jangan sembarangan untuk memilih makanan karena bisa membuat kondisi mencret dapat lebih parah dan tidak teratasi dengan baik. Oleh karena itulah selama diare akan lebih baik untuk mengonsumsi makanan yang disarankan sehingga dapat mengurangi gejala dan mengatasi diare yang dirasakan. Adapun untuk jenis makanan yang baik dikonsumsi saat diare adalah kentang, nasi, roti, biskuit, pisang, dan juga sup. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik yang akan dapat menjaga kesehatan usus menjadi lebih sehat. Akan tetapi pastikan memilih jenis yoghurt plain yang baik untuk mengatasi diare.

 

  • Menghindari jenis makanan tertentu

Cara mengatasi mencret dengan mudah selanjutnya adalah dengan menghindari makanan tertentu. Ketahui jenis makanan dan minuman yang justru dapat memperparah kondisi diare yang dialami. Seperti makanan yang juga awalnya dapat memicu diare bagi yang mempunyai gangguan pencernaan. Seperti makanan pedas, asam, dan juga berlemak. Hindari juga mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak matang seluruhnya. Selain itu hindari jenis buah dan sayur yang dapat memicu gas seperti jagung, kol, hingga brokoli selama diare. Untuk minuman hindari kandungan kafein, alkohol, yang mempunyai kandungan gula tinggi.

 

  • Atur pola makan

Tips selanjutnya mengatasi diare dengan mudah di rumah adalah dengan mengatur pola makan. Seperti hindari makan dalam porsi besar karena justru akan membuat kerja pencernaan terganggu karena bekerja lebih keras. Oleh karena itulah pastikan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tetapi sering. Hal ini akan membantu untuk menyehatkan pencernaan ketika diare. Atur pola makan 5-6 kali makan dalam sehari tetapi dalam porsi kecil sehingga akan meringankan beban kerja usus ketika mengalami diare.

Selain cara di atas, pastikan juga untuk mengonsumsi obat diare yang dapat ampuh mengatasi mencret. Seperti obat yang populer adalah Entrostop yang bisa dikonsumsi oleh anak hingga dewasa. Obat ini mempunyai kandungan yang aman dan memberikan manfaat terbaik untuk mengobati diare. Untuk jenis kandungan, manfaat, hingga dosis yang tepat dari obat ini bisa dilihat secara lengkap di Diarepedia.

Jika kamu belum tahu Diarepedia ini apa akan saya jelaskan sedikit, Diarepedia ini adalah situs yang membahas lengkap mengenai berbagai hal mengenai penyakit diare, seperti penjelasan tentang diare, tips mengatasinya, sampai cara untuk mengobatinya.

Jika kamu penasaran ingin membaca artikel berguna tentang diare lebih lengkap kamu bisa pergi ke situsnya di https://diarepedia.com/, sekian dulu artikel ini semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai sampai jumpa dan bertemu lagi di artikel yang akan datang.

 

5 Rekomendasi Kursi Kantor yang Paling Nyaman

Previous article

Mencapai Hasil Maksimal dari Game Slot Gacor

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *