Travel

4 Bukit Cantik di Jayapura yang Wajib Masuk List untuk Dikunjungi

Wilayah timur Indonesia memang terkenal dengan banyaknya gugusan bukit yang indah untuk dinikmati. Ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata untuk menikmati pemandangan selain pantai. Bukit-bukit cantik ini terletak di Jayapura dengan akses yang mudah dijangkau. Namun, jika Anda ingin mengunjungi empat bukit ini sekaligus, sebaiknya disarankan untuk booking hotel di Jayapura agar Anda bisa berpetualang ke bukit-bukit cantik ini selama beberapa hari.

Bukit Kota Jayapura

Bukit Kota Jayapura menjadi destinasi favorit para pengunjung untuk menikmati keindahan Kota Jayapura. Bukit ini bisa ditempuh sekitar 20 menit dari pusat kota dengan menggunakan motor atau mobil. Untuk mencapai puncak bukit, jalanannya berliku dan tentunya menanjak. Meski begitu, rintangan kecil di jalan akan membawa Anda ke sebuah pemandangan Kota Jayapura yang cantik.

Di atas bukit juga terdapat tulisan Jayapura City yang menggunakan font yang sama dengan Hollywood yang ada di Los Angeles, Amerika Serikat. Dari atas bukit ini juga Anda dapat menikmati biru kehijauan Teluk Kota Jayapura dengan beberapa pulau kecil di sekelilingnya. Tak hanya pemandangan hijau dan biru, Anda juga bisa menikmati lalu lalang kapal yang membawa peti kemas, bangunan-bangunan perkantoran kota, hingga permukiman. Jika Anda ingin berkunjung, waktu yang direkomendasikan adalah sebelum matahari terbit.

Bukit Jokowi

Mengutip dari Kumparan, ternyata ada Bukit Jokowi di Jayapura. Bukit Jokowi ini diresmikan oleh warga Jayapura atas bukti cinta mereka terhadap Bapak Presiden Joko Widodo yang berkunjung ke Jayapura pada tahun 2016. Awalnya, bukit yang terletak di Skyland, Distrik Jayapura Selatan, hanya bukit biasa yang dipenuhi ilalang dan rerumputan liar. Kini, tempat ini sudah menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Untuk berkunjung ke sini, wisatawan hanya memerlukan waktu 30 menit dari pusat Kota Jayapura. Jika Anda berkunjung, Anda akan disuguhkan pemandangan Teluk Youtefa, perbukitan Skyline, Hutan Mendug, hingga Kampung Enggros dan Tobati.

Bukit Teletubbies

Bukit Tungku Wiri atau yang dikenal sebagai Bukit Teletubbies terletak di Doyo Lama, Distrik Waibhu. Akses untuk menuju ke bukit ini sudah jauh lebih baik dari sebelum tahun 2019. Warga Desa Doyo Lama sudah memperbaiki akses jalan dan anak tangga untuk bisa menaiki puncak. Ketika mencapai puncak bukit, Anda dapat menikmati indahnya lanskap Danau Sentani. Cukup dengan waktu 15 menit saja dari bandara, Anda sudah bisa mendaki bukit ini. Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung adalah saat musim hujan, karena bukit ini akan tampak hijau. Namun, jika Anda berkunjung saat kemarau pun bukit ini akan terlihat cantik dengan warna ilalang kecoklatan.

Bukit Salib

Masih di daerah yang sama dengan Bukit Teletubbies, Bukit Salib bisa jadi destinasi lainnya untuk Anda kunjungi saat masih berada di Doyo Lama. Di bukit ini terdapat tanda salib besar, sehingga dinamakan Bukit Salib. Pemandangan yang bisa Anda nikmati pun masih sama dengan Bukit Teletubbies, yaitu pesona Danau Sentani dengan udara yang sangat segar. Bukit ini cocok sekali untuk dikunjungi setelah lelah menikmati wisata Kota Jayapura. Selain itu, pihak pengelola Bukit Salib juga menyediakan banyak spot foto untuk Anda mengabadikan momen di atas Danau Sentani.

Itulah empat bukit di Jayapura yang mudah untuk diakses dan wajib masuk list jika Anda berkunjung ke Jayapura. Pilihan destinasi perbukitan ini bisa menjadi alternatif Anda untuk mencari udara segar di tengah hijaunya alam Jayapura.

POPULER SELEB Komentar Ariel NOAH Dijodohkan dengan BCL | Kerap Mual & Muntah Aurel Sudah Hamil

Previous article

Indonesia Akan Tingkatkan Ekspor Jadi Produsen Sarang Burung Walet Terbesar di Dunia

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *