Corona

11 Kasus Positif Covid-19 di Sumatera Selatan

Situs corona.sumsel.go.id mencatat hingga Kamis (2/4/2020), kasus positif virus corona di Sumatera Selatan terkonfirmasi ada 11 kasus. Sehari sebelumnya Sumsel masih mencatat hanya ada 5 kasus positif. Secara nasional hingga Kamis 2 April 2020, pasien yang dinyatakan positif corona telah sembuh sebanyak 112 orang.

Kemudian, ada penambahan kasus positif sebanyak 113 orang sehingga kasus positif menjadi jadi 1.790 pasien. Jumlah korban meninggal, gugus tugas covid 19 mencatat ada 170 pasien. Juru bicara gugus tugas penanggulangan covid 19, Achmad Yurianto mengungkapkan partisipasi masyarakat telah meningkat dengan pesat.

Selain itu warga sangat disiplin dan proaktif melakukan kegiatan donasi serta menyumbangkan waktu dan tenaga untuk saling melindungi. Seperti di daerah, pemerintahan membuat surat edaran untuk membantu dan menggalang dana agar warga tidak ada lagi risiko yang cukup tinggi untuk memenuhi kehidupan sehari hari. "Kita yakin mampu dan bisa melawan covid 19," ungkapnya.

Semua provinsi sudah membentuk gugus tugas yang dipimpin langsung oleh kepala daerah untuk mensinergikan dalam menangani upaya melawan covid 19. Ini sebagai cara untuk mencari penderita covid 19 positif. Dalam rangka untuk memutus rangka penularan pemerintah terus memantau.

"Upaya lainnya yaitu hindari kerumunan untuk diterapkan serta cuci tangan minimal 20 detik," kata dia. Oleh karena itu lebih aman berada di rumah dan beribadah, bekerja dan belajar dari rumah. Sebelumnya seorang warga Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang sempat diisolasi selama beberapa hari di RS Pertamina Prabumulih akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umun Daerah Muhammad Husein (RSMH) Palembang.

Meski begitu, usai dirawat secara intensif selama empat hari di RSMH Palembang warga PALI yang juga karyawan PT Pertamina Asset 2 Pendopo Field dipulangkan, lantaran kondisinya yang terus membaik. "PDP warga PALI ini kondisinya sudah membaik dan dibolehkan pulang oleh pihak RSMH Palembang. Pasien bersangkutan setelah diperiksa sakit diabetes," ungkap dr Zamir Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid 19 Kabupaten PALI, Kamis (2/4/2020). "Pasien bersangkutan dirujuk ke RSMH tanggal 28 Maret dan dirawat hingga 31 Maret hingga dibolehkan pulang pada, Rabu (1/4/2020) kemarin," kata dr Zamir.

Dengan adanya satu PDP warga PALI usai dipulangkan, artinya hasilnya sudah negatif Covid 19. Sementara untuk update data terakhir ODP di PALI per Rabu (1/4/2020) kemarin, mencapai 51 orang. Sementara Orang Tanpa Gejala (OTG) beralih kategori yakni masuk ke kategori Pelaku Perjalanan yang mencapai 707 orang.

Berdasarkan sumber dari Departemen Kesehatan Jakarta edisi terbaru, OTG dibagi lagi menjadi kelompok yang lain, sehingga statusnya Pelaku Perjalanan dari daerah Pandemi. "Jadi kategorinya sekarang ada empat (4), yakni Pelaku Perjalanan, OTG, ODP dan PDP." katanya.(cr2)

Jokowi Ingatkan Pemerintah Daerah Satu Visi dengan Pusat Dalam Tangani Wabah Virus Corona

Previous article

Dalgona Sebenarnya Bukan Jenis Minuman Dalgona Coffee Lagi Viral

Next article
Nurofia F
Sebelum menolong orang lain, saya harus dapat menolong diri sendiri. Sebelum menguatkan orang lain, saya harus bisa menguatkan diri sendiri dahulu.

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *